Internet Kamu Lambat? Ini Penyebabnya

Dipublish pada 23 August 2023

Kecepatan internet yang cepat, dapat meningkatkan produktivitas pekerja dalam menyelesaikan pekerjaan nya sehari - hari. Namun sebaliknya, jika koneksi internet lambat, motivasi kerja setiap individu bisa menurun bahkan menjadi hambatan baru bagi pekerja dalam menjalankan kegiatan nya di kantor. Di era sekarang ini, konsep kerja work from anywhere (WFA) setiap individu harus memiliki koneksi internet yang baik, karena harus “available” setiap saat pada jam kerja, dan untuk kelancaran komunikasi antar rekan. 

Rasanya sangat menyebalkan ketika sedang dikejar waktu deadline untuk mencari atau menyelesaikan suatu informasi secara online, tiba-tiba jaringan internet lambat bekerja. Seluruh pekerjaan jadi terhambat karena masalah jaringan ini. Mengapa jaringan internet bisa tiba-tiba lemot? Bagaimana cara mengatasi jaringan internet lemot ini? Mari, simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini ya:

Kecepatan ISP (Internet Service Provider): Kecepatan internet mu tergantung pada paket langganan yang kamu pilih dari ISP itu sendiri. Jika kamu memiliki paket dengan kecepatan rendah, koneksi mu mungkin terasa lambat. Dan ketika situs web yang kamu akses memiliki kapasitas server yang rendah atau mengalami lonjakan trafik, hal pun ini dapat menyebabkan loading yang lambat.

Jumlah Pengguna: Jumlah pengguna yang terhubung ke jaringan pada saat yang sama dapat mempengaruhi kecepatan internet loh! Jika banyak orang menggunakan jaringan dalam waktu yang bersamaan, kecepatan bisa terbagi dan mengakibatkan koneksi yang lambat. Pada beberapa waktu tertentu, misalnya saat jam sibuk, koneksi internet secara keseluruhan dapat meningkat, sehingga menyebabkan koneksi lambat karena kepadatan pengguna.

Jarak dari Router atau Poin Akses Wi-Fi: Semakin jauh jarak mu dari router atau poin akses Wi-Fi, semakin lemah sinyalnya, yang dapat mengakibatkan kecepatan internet yang lebih lambat. Apabila kamu menggunakan internet pada rumah berukuran besar, mungkin kamu perlu memasang extender untuk memperluas jangkauan. Letakkan router di tempat yang tinggi dan tidak terhalang berbagai perabotan besar untuk memperluas cakupan jaringan. Benda-benda seperti dinding, peralatan elektronik pun dapat mengurangi kecepatannya.

Perangkat Koneksi: Kualitas dan kondisi perangkat yang kamu gunakan, seperti router, modem, dan kabel jaringan, juga dapat mempengaruhi kecepatan internet. Gangguan pada infrastruktur jaringan, seperti kerusakan kabel bawah laut, masalah pada pusat data, atau pemeliharaan jaringan oleh ISP, dapat mengakibatkan penurunan sementara dalam kecepatan koneksi internet.

Jam Sibuk: Pemakaian internet pada jam sibuk, juga dapat membuat koneksi internet menjadi lambat. Dahulu, mungkin jam sibuk hanya pada saat jam kerja saja, yaitu di 08.00 - 18.00, namun seiring berjalan nya waktu dan semakin meningkatnya konsumsi entertain pada internet, jam sibuk dapat meningkat di waktu-waktu yang tidak dapat ditentukan.  

Adapun berikut ada beberapa poin cara untuk mempercepat koneksi internet:

  1. Istirahatkan perangkat router
  2. Posisikan router dengan baik
  3. Blokir setiap iklan
  4. Bersihkan Cache dan History Browser
  5. Gunakan Anti Virus
  6. Perbarui Perangkat (Smartphone, PC atau laptop mu)
  7. Gunakan VPN
  8. Penggunaan extender, untuk meluaskan pancaran jaringan

Nah itulah beberapa penyebab yang bisa membuat internet kamu lambat! Semoga menjawab kebingunganmu, ya. ARSEN menyediakan layanan jaringan internet yang stabil dan cepat untuk mendukung aktivitas mu!